RarePlanet.org, as you know it, will retire in spring, 2014. Please visit www.rare.org for new and improved content and subscribe to the e-newsletter for continued Rare stories and updates. Thanks for your contributions. We look forward to hearing from you on Rare.org!

Campaign for Sustainable Fishing - KKP Raja Ampat-Ayau and Asia , Papua Bird's Head Seascape

博客

KILAS BALIK MARET 2010 MENJELANG PERSIAPAN KKLD AYAU

Bulan Maret merupakan bulan yang benar-benar Tim Ayau mempersiapkan kordinasi untuk membangun kembali nilai-nilai leluhur di KKLD Ayau.  Inisiatif yang muncul dari Tim kemudian mendorong  kegiatan HUT YPK dirayakan degan pusat kegiatan adalah Kampung Meosbekwan. Kegiatan ini mendapat perhatian yang sangat serius dari Dinas Pendidikan, dan Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Raja Ampat untuk mendorong kegiatan ini tetap dirayakan.  Perhatian yang serius ini juga datangnya dari para orang tua murid dan guru serta semua kalangan masyarakat di KKLD Ayau. Dukungan kepala Distrik dalam kegiatan ini membuat Tim tetap semangat mengatur  strategi untuk kembali merebut  perhatian masyarakat terhadap kegiatan di KKLD Ayau. Kunjungan Kapal Kalabia di kampung-kampung di Distrik kepulauan Ayau ternyata juga mendapat perhatian dalam membangun kepercayaan  kembali masyarakat  terhadap kegiatan konservasi di KKLD Ayau, perhatian ini terutama datang dari  para dewan guru dan orang tua murid.  

 

Selaku tim yang dipercayakan di KKLD Ayau kami sadari bahwa membangun kembali kepercayaan masyarakat adalah sesuatu yang cukub berat, namun dengan pengalaman dan pendekatan keluarga yang terus kami bangun , pada akhirnya tim KKLD Ayau mendapat dukungan dan  semangat  baru untuk membagun kembali nilai-nilai kebersamaan di KKLD Ayau.

Berbagai kegiatan dan pendekatan kami jalankan dengan tetap membuka diri, dan selalu optimis untuk mendapat masukan dari semua pihak  sehingga pertemuan masyarakat di KKLD Ayau dapat pula dilakukan dengan komitmen  bersama untuk kembali melanjutkan pesan leluhur dalam melestarikan kembali  Alam Ayau.

 

Kegiatan HUT YPK ( Yayasan Pendidikan Kristen)

Kegiaan HUT  Yayasan Pendidikan Kristen (YPK) yang berlansung di Distrik kepulauan Ayau tahun 2010 lalu dipusatkan dikampung Meosbekwan pada tanggal 4-8 Maret 2010. Kegiatan tersebut dapat dihadiri oleh  peserta dari SD Kampung Reni, Rutum, Meosbekwan, dan Dorekhar, sementara kampung Yenkawir tidak sempat  hadir dalams dalam kegiatan Lomba hanya saja menjelang  akhir kegiatan, komite sekolah hadir bersama-sama untuk menyaksikan resepsi bersama tanggal 8 Maret 2010.

Kegiatan HUT YPK  yang berlansung di kampung meosbekwan tersebut dibuka resmi oleh kepala Distrik Kepulauan Ayau ,Bapak Luther Burdam. Hadir pula dalam kegiatan tersebut Perwakilan pemerintah kampung, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, tokoh agama dan juga tokoh pemuda, serta tamu undangan dari Dinas Pendidikan kab Raja Ampat  yang diwakili oleh bapak Esra Imbir dan Dinas Pemuda dan Olah Raga. Dengan memanjatkan puji dan syukur kepada TUHAN Yang Maha Kuasa kegiatan HUT YPK dibuka secara resmi oleh kepala Distrik Ayau. Peserta yang hadir dari ke 4 Sekolah Dasar di Distrik Ayau sangat ceria dalam menyambut 48 tahun berdirinya YPK di tanah Papua. Kepala Distrik Ayau dalam upacara pembukaan menyampaikan  bahwa YPK diTanah Papua awalnya berdiri dengan nama  Yayasan Persekolahan Kristen, namun dalam perkembangan, nama persekolahan itu berubah dengan nama Yayasan Pendidikan Kristen (YPK). YPK sebagai Yayasan Pendidikan di Tanah Papua saat ini  telah membentuk generasi di Tanah Papua untuk  tetap tumbuh dan berkembang yang pada akhirnya kembali mengapdi dan terus membangun Tanah Papua demi hormat dan kemuliaan bagi nama TUHAN. Kepa Distrik berharap kegiatan ini  terus  diperingati setiap tahun di Distrik Ayau.

Kepala Distrik dalam kesempatan itu juga menyumbangkan satu buah tropi untuk dapat diperebutkan setiap HUT YPK  di Distrik kepulauan Ayau.

Kepala Distrik mengakui bahwa , selama ini kegiatan memperingati HUT YPK ini tidak dijalankan, pada hal menurut kepala Distrik kegiatan ini sangat positif karena dengan adanya kegiatan semacam ini kita dapat memupuk rasa persatuan dan kesatuan diantara peserta didik tetapi juga guru-guru yang bertugas. Melalui ajang seperti ini kita dapat  menumbuh kembangkan bakat, minat serta mental anak sekolah  dalam belajar, tetapi juga dapat mengukur kemampuan anak-anak ini dalam menumbuhkan bapak dan minat mereka sebagai generasi yang kelak akan melanjutkan tongkat estafet pembangunan di Ayau.  Kepala Distrik juga mengakui bahwa baru tahun 2010 ini   kegiatan ini dapat berjalan.

Kepala Distrik dalam kesempatan itu juga mengucapkan terima kasih kepada Lembaga Conservation International Indonesia Raja ampat Program CI yang mempunyai inisiatif untuk  memfasilitasi  jalannya  kegiatan HUT YPK sehingga dapat berjalan selama 5 hari.  Beberapa cabang  lomba yang dilombakan dalam rangka HUT  YPK tersebut adalah :  1 Fot sall putra- putri 2. Volley pantai putra-putri 3.Paduan suara dengan Lagu Wajib Mars YPK 4.Vocal group dengan lagu wajib Gita YPK 5.Lomba dayung  6.Lari estafet 200 meter 7.Melukis  bebas yang bernuansa bahari 8.Baca indah Alkitab9.Suling Tambur 10 Cerdas Cermat

Sementara materi non lomba yaitu : makan pinang bermotif, pengumpulan sampah plastic sepanjang kampung, senam saijojo dan malam hiburan yang diisi dengan pemutaran film  tentang HIV AIDS

Hadir dalam kegiatan HUT YPK  tersebut Bapak Esra Imbir mewakili kepala Dinas P dan P Kab Raja Ampat,  Ahas Samagita dari Dinas Kehutanan Kab Raja Ampat, Bpk Absalom Jemput dari Dinas Kesehatan Kab Raja Ampat , Sari Arfan dari komisi penanggulangan HIV AIDS Kab Raja Ampat, dan Bpk Pilipus Simbiak , Jhon Korwa, Kak Tonni  dari Dinas Pemuda dan Olah Raga Kab Raja Ampat  seta  Ibu Desire Sanadi dari Humas Pemda Raja Ampat. Peserta yang hadir  pada saat HUT tersebut berjumlah 182  orang anak yang terdiri dari SD Dorekhar 52 anak, Meosbekwan 45 anak, Rutum 40 anak, Reni 45  anak,  dengan total guru SD 14 Guru  yang terdiri dari SD Dorekhar, Meosbekwan, Rutum, dan  SD Reni.

Tindak lanjut dari kegiatan  HUT YPK ini maka, pada tanggal 8 Maret  2011 kegiatan ini akan dilaksanakan di kampung Rutum, dan SD Rutum sekaligus sebagai tuan rumah penyelenggara kegiatan HUT YPK tahun 2011. Hal ini merupakan keputusan dari para dewan guru beserta komite sekolah  saat pertemuan  malam resepsi di kampung Meosbekwan . Valend Burdam CM

 




















评论 (2)

terlihat seperti cukup acara, terima kasih untuk berbagi foto.

Mantap, membangun dan menjaga "trust" adalah pekerjaan yang berat dan perlu tehnik yang beragam dan stamina yang kuat. Mudah-mudahan berbagai media pertemuan komunitas bisa tetap dimanfaatkan untuk menyalurkan pesan-pesan konservasi

Translate Content: