RarePlanet.org, as you know it, will retire in spring, 2014. Please visit www.rare.org for new and improved content and subscribe to the e-newsletter for continued Rare stories and updates. Thanks for your contributions. We look forward to hearing from you on Rare.org!

Campaign for Sustainable Fishing - KKP Raja Ampat-Ayau and Asia , Papua Bird's Head Seascape

博客

Laporan KKLD Ayau bulan September

PENGANTAR
KKLD Ayau di bulan september saat ini  sedang mengarah pada penataan pemanfaatan ruang dan kesiapan tim kerja untuk membenahi berbagai lini untuk maju menuju Ayau baru. Pendekatan dan diskusi antar marga dan kampung terus menjadi prioritas utama sampai pada diskusi ke tingkat stakeholder di Pemda Raja Ampat maupun pemangku kepentingan lain di  kota Sorong dan sekitarnya, karena degan demikian maka sumbang saran yang dihimpun itu yang kemudian dapat disesuaikan dengan garis komado dan tanggung jawab masing-masing staf dalam Tim untuk mengatur langkah, merapatkan barisan dan maju  sejalan dengan irama konservasi yang di kampayekan saat ini.

Kampaye konservasi yang dibangun saat ini dengan RARE program selaku tim sukses kampaye konservasi di Raja Ampat saat ini juga tengah bersama menyusun langkah strategis dalam pencapaian target-target konservasi yang dikampayekan bersama di KKLD yang berada di Raja Ampat terutama KKLD Selat  Dampier dan Ayau. Harapan dan keinginan bersama dalam membangun konsep kampaye bersama ini tidak akan berjalan menuju langkah sukses jika keinginan ini tidak sejalan dengan saran dan usul teman-teman staf lain.
 Semoga harapan dan keinginan bersama kampaye yang saat ini kita inginkan, dapat menjadi cita-cita yang terus diimpikan menuju jejaring kawasan konservasi laut yang diinginkan bersama di Bentang Laut Kepala Burung Tanah Papua khususnya dan umumnya di Indonesia. SEMOGA


Patroli Masyarakat di bulan September


Sebagaimana yang telah dilaporkan pada laporan sebelumnya (Agustus) bahwa, peran serta kelopok marga dalam menjalankan  kegiatan  patroli di kawasan / zona yang telah di sepakati saat ini cukup  berjalan dengan baik, anggota patroli masyarakat yang bertugas bukan hanya melakukan kegiatan di laut seperti halnya patroli ditempat-tempat zona tetapi juga tetap membagi peran dan tanggung jawab untuk melakukan tugas- tugas rutin di di darat seperti halnya tugas pembersihan lokasi kantor dan membantu dalam memberikan masukan-masukan melalui diskusi saat evaluasi bersama. Kesadaran masyarakat adat yang kini juga memberikan kontibusi baik kepada KKLD Ayau yang mandiri kian menguat dengan kontrol social marga atas kawasan-kawasan mereka masing-masing. Melalui control social ini juga terbukti, jika ada dari marga lain yang sengaja melakukan kesalahan, dapat langsung di tegur dan diberi peringatan, jika terbukti lagi  melanggar aturan marga terhadap tempat zona  maka denda adat diberlakukan terhadap oknum masyarakat yang  melanggar tempat zona. Keseriusan kuat kelompok patroli masyarakat ini juga mulai  menunjukkan nilai-nilai baru yang terus mendorong kami tim Ayau agar berpikir eksta untuk segera serius menjalankan tanggung jawab dalam mengelola KKLD kearah yang lebih baik.

Marga yang mendapatkan tugas partoli dalam bulan September ialah marga  Rumbewas, Umpes dan juga marga Burdam Dorekhar dan Kampung Yenkawir. Marga yang melakukan tugas  patroli ini setiap minggu sekali melakukan tugas sesuai degan yang diarahkan. Hasil dari  kegiatan patroli bersama yang dilakukan oleh tim patroli yang menjalankan tugas pada bulan September, mereka tidak menemukan kapal yang melakukan kegiatan illegal fishing dari  semua lokasi  yang dipantau selama bulan September. Kegiatan patroli yang dilakukan pada bulan September, berhasil menanam patok tanda batas pada tempat zona marga dan kampung sebagai tanda batas agar nelayan dapat mengetahui lokasi zona marga masing-masing dari kelima zona yang berada pada lokasi  Ayau kecil dan Ayau besar.
 Untuk  patroli laut, tim  pada tanggal 29 September 2010  bertemu dengan kapal loding ikan kerapu dan maming milik pengusaha yang bernama Ahon, diatas kapal loding tersebut, ada staf perikanan DKP Raja Ampat yang ikut bersama mengawasi kegiatan di atas kapal loding milik  Ahon, kegiatan yang dilakukan saat tim patroli sampai adalah penimbangan ikan kerapu dan maming, selain itu juga penjualan rumput laut kering masyarakat yang dilakukan oleh petugas perikan yang berada di kampung Dorekhar.


Pemasangan Rumpon Mancing dan pengecoran jangkar


Kegiatan pembuatan rumpon dan pemasangan rumpon yang dilakukan di KKLD Ayau bersama pemuda Gereja berhasil menyelesaikan  4 buah jangkar cor dan 2 buah rakit bambu sebagai rakit  penanda rumpon. Pemasangan rumpon ini bertujuan agar  mengurangi tingkat pegambilan ikan karang oleh masyarakat, karena dikepulauan Ayau saat ini ikan pelagis juga sangat berpotensial di kembangkan menjadi komoditas perikanan unggulan di KKLD Ayau  disamping  kerapu dan maming.  
Pak Beky Rahawarin ( Kadis Peikanan Raja Ampat) saat berkunjung ke Ayau juga menyaksikan kegiatan yang dilakukan tersebut, menurut Pak Beky, kegiatan seperti ini sagat membantu masyarakat, kami dari DKP juga saat ini mendorong seluruh masyarakat  untuk menanam rumput laut  sebagai salah satu komuditas perikanan non ikan di KKLD Ayau-Asia sehingga diharapkan lewat kegiatan ini dapat  menguragi akses masyarakat terhadap pemanfaatan ikan karang di KKLD Ayau-Asia.

Media Informasi KKLD Ayau.

Tim Ayau juga saat ini mulai membagun komunikasi melalui media informasi yang dipajang pada samping kantor KKLD Ayau, informasi yang dipajang ini sejak Agustus lalu telah menjadi pusat perhatian dari warga masyarakat  yang lewat di depan kantor, informasi yang di pajang pun, seputar kegiatan  rutin yang dilakukan oleh tim patroli masyarakat, maupun harapan dan pendapat para pemangku kepentigan di KKLD Ayau-Asia.
 Selain itu, informasi kilas balik pembangunan konservasi di raja Ampat melalui potongan majalah tabloid Raja Ampat  pun dipajang sebagai bukti komitmen Pemerintah Daerah (PEMDA) dan masyarakat dalam membangun bersama KKLD di Raja Ampat. Harapan dari pemasangan kliping tabloid Raja Ampat yang mengisahkan perjuangan konservasi di Raja Ampat ini semoga dapat  mengingatkan kembali akan komitmen bersama masyarakat dalam membentuk sebuah harapan KKLD yang baik bagi generasi mendatang.
Harapan kedepan kami tim KKLD Ayau-Asia juga  berupaya untuk membangun sebuah taman baca bagi masyarakat umum yang ingin mengakses informasi apapun seputar perkembangan konservasi maupun informasi umum di KKLD Ayau Asia.  Radio komunitas juga saat ini sedang dalam perbaikan untuk on air, dalam bulan  oktober tim  akan secepatnya memperbaiki tiang antenna radio yang patah akibat angin kencang, semoga media yang di kembangkan akan meyakinkan masyarakat bahwa suatu perubahan akan tercapai jika masyarakat yakin bahwa perubahan itu akan terjadi. Kami yakin perubahan kearah konservasi yang baik akan dikembangkan melalui berbagai akses media. Program kampaye kebanggan juga saat ini  sedang di sesuaikan seiring dengan minat masyarakat dalam mengakses informasi. JOU

TIM AYAU


 












评论 (4)

selamat datang di rareplanet om valend! terima kasih informasinya, kami tunggu cerita-cerita yang lebih banyak dari ayau! salam semangat!

Mantap sekali om Valend, bisa langsung inline dg hasil workshop BROP kemarin. Maju terus om !

mendorong update, terbaik keberuntungan untuk beberapa bulan berikutnya dari kampanye Anda. (encouraging update, best of luck for the next few months of your campaigns.)

Beberapa hal (patroli,buoys,etc) yang sudah dikerjakan di Ayau, juga menjadi fokus diskusi dalam BROP Workshop bulan ini. So, apa yang didapatkan dalam BROP Workshop bisa langsung diimplementasikan untuk lebih mempertajam aktivitas di Ayau. Sukses Kak Vallend.. MAJU TERUS!

Translate Content: