RarePlanet.org, as you know it, will retire in spring, 2014. Please visit www.rare.org for new and improved content and subscribe to the e-newsletter for continued Rare stories and updates. Thanks for your contributions. We look forward to hearing from you on Rare.org!

Campaign for Sustainable Fishing - KKP Raja Ampat-Ayau and Asia , Papua Bird's Head Seascape

最新博客

Valend di Mata Rakyat

VALEND FESTUS BURDAM,  Lahir di Sorong pada  tanggal 4 Februari 1982, Anak dari pasangan Ayah Ones Burdam dan  Ibu Fredjana Imbir, Valend merupakan anak pertama dari tiga bersaudara, kedua adiknya Rengy  dan Dede Burdam. Valend Festus Burdam menamatkan pendidikan Formalnya pada Universitas Negeri Papua Manokwari  pada tahun 2004. Pendidikan  Formal lanjutan yang pernah diikuti adalah pendidikan Kampaye pada program Kampaye bangga yang diselenggarakan oleh RARE Program bekerja sama dengan Conservation International Indonesia  pada  Institut Pertanian Bogor  selama 2 tahun sejak Juli 2010 hingga  Februari 2012.

KITA HARUS MEMBERI RUANG DAN WAKTU UNTUK SUMBERDAYA LAUT TUMBUH DAN BERKEMBANG

Sosok Bapak Esrom Imbir dari Kampung Boiseran, Distrik Ayau.

 

Sebagian  orang berbicara  soal isu konservasi, memahami  makna konservasi   mengerti konsep Kawasan Konservasi Laut Daerah  (KKLD) mengetahui dampak kerusakan laut akibat unsure kesengajaan manusia, namun bagi bapak Esrom Imbir seorang tokoh agama asal marga Imbir ini,  memiliki komitmen yang kuat sejak masuknya CI  tahun 2007 dengan konsep KKLD. Saat ini komitmennya untuk menggagas ide untuk menyelamatkan laut dan ekosistemnya terus diperjuangkannya seiring dengan perkembangan social ekonomi dan pembangunan di kepulauan  Ayau.

MELAYANG DIUDARA DI ATAS KEPULAUAN AYAU

Tulisan ini disiapkan oleh Valend Burdam, Pride Campaign Manager, Ayau-Asia, Raja Ampat

Lembaran ke 29 di Kampus IPB 4 Februari 2011

Memang mengharukan

 Waktu berjalan begitu cepat, orang-orang datang dan pergi dalam kehidupan kita.Kita jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan untuk mengatakan kepada mereka  betapa besar arti mereka bagi kita.(kutikan kata-kata bijak)

 Antara dikerjain oleh PPM atau tidak aku sudah merasakan gaya Kang Yayat saat memulai sesi, Mona yang tiba-tiba memulai isu baru tentang keadaan di ayau, semakin tidak meyakinkan aku, sempat kaget mendengar percakapan Mona sama Om di Waisai, tetapi aku tetap Optimis. Mas Hari yang juga  mencoba serius menjelaskan  situasi di pekan ke 2, Mas Rulli yang juga menyumbangkan masukan mulai menciptakan keadan yang sempat diam dan dirasakan juga  bagi  teman-teman CM, Aku merasa ada yang aneh saat itu,

KILAS BALIK MARET 2010 MENJELANG PERSIAPAN KKLD AYAU

Bulan Maret merupakan bulan yang benar-benar Tim Ayau mempersiapkan kordinasi untuk membangun kembali nilai-nilai leluhur di KKLD Ayau.  Inisiatif yang muncul dari Tim kemudian mendorong  kegiatan HUT YPK dirayakan degan pusat kegiatan adalah Kampung Meosbekwan. Kegiatan ini mendapat perhatian yang sangat serius dari Dinas Pendidikan, dan Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Raja Ampat untuk mendorong kegiatan ini tetap dirayakan.  Perhatian yang serius ini juga datangnya dari para orang tua murid dan guru serta semua kalangan masyarakat di KKLD Ayau.

Enam Jam Menuju KKLD Ayau-Asia

Perjalanan menuju Ayau-Asia sungguh melelahkan rasa ngantuk, cape, pusing seolah menjadi tradisi yang tak terpisahkan ketika  melakukan perjalanan baik udara, laut dan darat,  sungguh melelahkan  dan beresiko namun menyenangkan bila kita tiba dengan selamat.

KKLD DAN MASA DEPAN AYAU

KKLD Ayau-Asia dengan luas  wilayah 101.440 ha ini terletak di bagian utara Kab Raja Ampat Indonesia, dan merupakan KKLD dengan luasan terumbu karang terluas di Raja Ampat yang juga didukung dengan  letak geografis yang memposisikan kawasan ini tepat berada pada jantung  segitiga Karang (Coral Triangle).KKLD ini didirikan pada 2 April 2007 atas inisiatif masyarakat adat di KKLD Ayau sendiri,  KKLD Ayau-Asia  memiliki tutupan karang keras sebesar  32.90% dari semua kawasan KKLD di Raja Ampat.  Topografi  laut yang bertebing karang menjadikan tempat ini cocok bagi tempat memijah ikan kerapu dan ikan-ikan ekonomis penting lainnya.  Populasi ikan di kawasan karang ini telah mendukung kegiatan perikanan selama berabad-abad, namun sejak beroperasinya kapal penampung ikan  hidup dan masuknya nelayan asin dalam kawasan ini  pada tahun 1990 an mulai  komersialisasi dan perkembangan jaringan-jaringan perdagangan global telah memicu t

Laporan KKLD Ayau bulan September

PENGANTAR
KKLD Ayau di bulan september saat ini  sedang mengarah pada penataan pemanfaatan ruang dan kesiapan tim kerja untuk membenahi berbagai lini untuk maju menuju Ayau baru. Pendekatan dan diskusi antar marga dan kampung terus menjadi prioritas utama sampai pada diskusi ke tingkat stakeholder di Pemda Raja Ampat maupun pemangku kepentingan lain di  kota Sorong dan sekitarnya, karena degan demikian maka sumbang saran yang dihimpun itu yang kemudian dapat disesuaikan dengan garis komado dan tanggung jawab masing-masing staf dalam Tim untuk mengatur langkah, merapatkan barisan dan maju  sejalan dengan irama konservasi yang di kampayekan saat ini.