RarePlanet.org, as you know it, will retire in spring, 2014. Please visit www.rare.org for new and improved content and subscribe to the e-newsletter for continued Rare stories and updates. Thanks for your contributions. We look forward to hearing from you on Rare.org!

Campaign for Sustainable Fishing - Kawasan Konservasi Laut Berau, Kalimantan Timur

Blog

Staff Biasa =>>Ngajarin Orang Orang Pinter,,,, wkwkwkwkwkw

Pemerintah Amerika Serikat melalui Departemen Of Justice => Program ICITAP mencoba memfasilitasi pertemuan dengan beberapa stakeholder yang terkait dengan kegiatan pengawasan dan pengendalian sumberdaya laut. peserta yang hadir adalah Kelompok Masyarakat Pengawas seluruh kampung pesisir berau, seluruh Kepala Polisi Sektor pesisir berau, Kepala Polisi Resort Berau, Perwakilan Pemerintahan Kampung, Perwakilan Pemerintah Kabupaten.

Pada acara ini di paparkan berbagai permasalahan tentang kondisi perikanan dan kelautan yang ada termasuk konflik dan perikanan destruktif, memang dalam pertemuan ini banyak yang mengeluhkan kurangnya pendanaan untuk mendukung kegiatan pengawasan dilapangan, banyak juga yang menggambarkan bahwa tekanan terhadap sumberdaya laut berau semakin meningkat sementara dari sisi hukum sangat lemah dalam penerapannya di laut.

Didalam pertemuan ini saya di berikan kesempatan untuk menjelaskan masalah Penangkapan Berlebih yang terjadi, serta masalah DPL sebagai salah satu solusi untuk masalah penangkapan berlebih ini. Jujur gugup juga, apalagi yang di hadapin bos bos sementara saya cuman staf biasa. lalu saya ingat amalan yang diajarkan bokap pada saya, katanya dulu "kalau harus berhadapan dengan orang banyak, bershalawatlah kepada Nabi muhammad", katanya sih supaya punya wibawa seperti Nabi Muhammad SAW, lalu saya melakoni ajian bokap, hehehehe.

Dengan pedenya saya langsung mengenalkan diri dan menjelaskan materi yang harus saya sampaikan, mulai dari materi Overfishing, sebab dan akibatnya, Upaya bersama dengan Daerah Perlindungan Laut, kegiatan kegiatan yang sudah diinisiasi, dokumentasi sampai masuk kedalam forum diskusi.

diskusi ini yang paling di takuti banyak pemateri, karena dalam diskusi sebelumnya pemateri malah seperti tersangka yang di cecar berbagai pertanyaan yang menyakitkan, memangsih harus saya akui banyak kinerja pemerintah yang di anggap kurang tepat sasaran di masyarakat. ketika diskusi memang banyak pertanyaan terkait overfishing dan dpl. ada pengusaha perikanan yang mengatakan laut berau belum overfishing, tetapi nelayan kecil semua mengatakan sudah overfishing. para penegak hukum yang hadir cuman bisa diam seribu bahasa, semua pertanyaan dapat saya jawab dengan baik dengan tidak menyalahkan tetapi lebih kepada mengajak mereka untuk berpartisipasi membantu pemerintah untuk membangun daerah perlindungan.

pada akhir diskusi presentasi saya hampir semua kampung pesisir laut berau meminta kawasan mereka di bantu membangun DPL secepatnya, hanya kampung talisayan yang tidak ingin dibuat DPL dengan alasan ikan masih banyak dan tidak ada karang di wilayah mereka. saya menerima aspirasi mereka dan berjanji untuk berupaya semaksimal mungkin membantu terwujudnya DPL di kawasan mereka. untuk kawasan yang tidak ingin di buat jadi daerah perlindungan laut saya sampaikan "kalau tidak ingin kawasannya di kelola jangan salahkan pemerintah kalau semakin banyak nelayan luar yang masuk ke kawasan penangkapan saudara, karena memang kami tidak bisa melarang, kami hanya bisa mengatur saja" pengusaha dari kampung talisayan itu langsung diam gak bersuara lagi. wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk tembakan yang jitu bukan!!!!!

di luar presentasi ketika makan siang semakin banyak orang orang yang mengajak saya berdiskusi tentang konsep DPL bahkan ada seorang peneliti Belanda "Annet Pauwelussen" dari Universitas Wegeningen Belanda yang banyak meneliti masyarakat pesisir terhadap proses Konservasi di laut berau juga tertarik dengan konsep DPL saya bahkan Plampung Tanda Batas Murah yang saya gunakan untuk mengelola laut berau dengan melibatkan masyarakat. cuman saya wanti wanti ama si londo ini jangan sampai Konsep plampung gue di jadiin hasil riset dia, wkwkwkwkwkwkwkwkw, saya kan juga dalam program master UTEP, walau gak diakuin pemda, hehehehehe.

setelah saya renungi ternyata menjadi manager kampanye memang susuah buangeeeet, karena selain punya konsep, juga harus mampu merealisasikannya dan juga harus punya kemampuan untuk menjelaskan detail atau kata lainnya komprehensif (niru niru bahasa orang kampus).

 

 

Comentarios (8)

Taufiq, selamat atas sukses! Foto-foto berarti ada banyak orang di kabupaten, kecamatan, dll yang pikir penting sekali kampanye anda!

tuh kan pada lebay semua kalo nulis komen, ini yang bikin gue grogi nulis blog, yang biasa aja kaleeeee!, capaiannya juga biasa biasa aja kok, but, thanks all!!!

Luar Biasa sobatku yang satu ini, 3C semuanya tercapai. Kapasitasnnya meningkat pesat, konstituennya bertambah banyak dan Konservasinya juga tercapai. Selamat Piq...

Muantapzzz jempollllll buangettt neh Bang Haji.... banyak sholawat dan istighfar biar makin gagah dan wibawa sebagai manajer kampanye T...O...P....B...G..T Maju terus buat H. Taufiq Hidayat, S.Pi, M.A, M.DPL Terima kasih buat masyarakat Berau yang semakin peduli terhadap upaya untuk mencapai penghidupan yang berkelanjutan.

mas ini blom apa apa, yang gue buat juga blom apa apa. semakin lama gue jalanin kampanye ini semakin gue tahu ada banyak masalah di nelayan yang secara langsung atau tidak langsung berpengaruh pada proses perikanan berkelanjutan mas, jadi menurut gue kampanye ini baru satu langkah untuk memulai langkah langkah berikutnya dalam perjalanan yang masih cukup panjang, semoga kita semua menjadi orang yang sabar melalui ini, amin.

gelar gue jangan di panjang panjangin mas, ntar kalo bos gue lihat dia malah bingung ngasih gue jabatan apaan! wkwkwkwkwkwkw

 

Siip..siip... Sepakat Bung, atur energi baik2 ya untuk perjalanan pajang dan berliku ini. Kalo gelar panjang kan, biar sekalian buat SK promosi nanti bos. Pesan buat teman2 BKD Berau, itu gelar dari Paspempers Negeri B10NC...wkwkwkwkwkwk

Wuuaaahhhhhh mantepppp piiikkk.. gw saluuttt.... gw perlu banyak belajar dari eloo!!! Two thumbs up for you!!!

jangan sama gue gue, gue juga masih bodoh sist, gue juga nyari nyari ilmu terus supaya gue pinter.

Translate Content:

difundir la palabra