RarePlanet.org, as you know it, will retire in spring, 2014. Please visit www.rare.org for new and improved content and subscribe to the e-newsletter for continued Rare stories and updates. Thanks for your contributions. We look forward to hearing from you on Rare.org!

Campaign for Sustainable Fishing - Kawasan Konservasi Laut Berau, Kalimantan Timur

Blog

Mimpi Mimpi Yang Mulai Terwujud

laut berau terkenal di dunia dengan keanekaragamannya yang sangat tinggi, luas kawasan laut berau ini menurut para ahli kelautan adalah sekitar 1,2 juta Ha. didalamnya dikatakan hidup ratusan jenis ikan, puluhan jenis terumbu karang dan beberapa biota langka yang dilindungi. kawasan ini di tetapkan sebagai kawasan konservasi laut berau pada tahun 2005 melalui Peraturan Bupati Berau No.31 Tahun 2005. kawasan ini merupakan kawasan yang cukup penting karena letaknya yang berada di segitiga karang dunia  dengan berbagai keunikan keunikan yang mungkin tidak ditemukan di tempat yang lain.

sejak saya ikut serta dalam rangkaian kegiatan konservasi laut di daerah saya mulai tahun 2005, ada banyak hal yang cukup menarik untuk dicermati. kawasan laut berau yang dipublikasi besar besaran sebagai kawasan yang memiliki potensi yang sangat tinggi malah menjadikan bumerang bagi kawasan ini. publikasi potensi laut berau meningkatkan kunjungan nelayan luar dengan tujuan untuk mengeksploitasi laut  berau ini. belum lagi masalah destruktif fishing yang semakin tahun semakin meningkat karena dikatakan laut ini masih menyimpan sumberdaya yang belum termanfaatkan secara maksimal. dalam 10 tahun terakhir saja aneka jenis penangkapan ikan dengan armada kapal yang banyak dengan teknologi yang mutakhir telah mampu mengekploitasi laut berau sampai pada batas dimana nelayan lokalnya yang menghuni pesisir perau merasa semakin kesulitan mencari ikan.

beberapa penyelaman yang kami lakukan sejak yahun 2006 memang mulai menunjukkan penurunan sumberdaya laut berau. beberapa gugusan karang banyak yang mengalami kehancuran sampai pada bentuk rubble / patahan patahan yang kecil (serpih karang), sebagiannya lagi mengalami pemutihan massal. diskusi dan pertemuan saat itu sekitar tahun 2006 - 2007 di peroleh data bahwa 80 % nelayan mengatakan bahwa telah terjadi penurunan hasil tangkapan ikan, 50% wisatawan menyatakan perlu dilakukan langkah langkah penanganan penggunaan destruktif fishing walaupun pemulihannya memerlukan waktu yang cukup lama mungkin sekitar 10 - 20 tahun. banyak nelayan nelayan besar yang beralih profesi menjadi pengumpul ikan karena lebih menguntungkan dari pada mengoperasikan armada kapal untuk menangkap ikan.

lalu kami mulai bermimpi dengan teman teman, saudara saudara penyelam yang ada dilapangan untuk membuat sebuah kawasan jang di jaga bersama, yang berusaha di pulihkan untuk memperbaiki kondisi perikanan yang terus menurun. mimpi ini terbangun dengan adanya keprihatinan kami terhadap beberapa spot penyelaman yang bagus yang telah hilang, sehingga semakin kami menyelami laut berau semakin kami prihatin. sejak 2007 saya mulai bercerita tentang perlindungan, tentang cara yang bisa dilakukan masyarakat untuk menjaga kawasannya dalam setiap pertemuan saya dengan nelayan, karena hanya ini yang bisa saya lakukan.

pernah suatu kali di tengah tengah pertemuan di kampung yang mayoritas menggunakan bom terjadi perdebatan tentang siapa yang menggunakan bom. perdebatan panjang di pertemuan itu cukup membuat kami bingung, padahal kami tahu semua yang hadir disitu adalah para pelaku destruktif fishing. ketika itu saya diberikan kesempatan untuk memberikan sedikit materi, lalu saya menyampaikan " laut ini tempat kalian hidup, tempat kalian mencari makan, apakah kalian akan terus menghancurkan setiap piring piring makan kalian? kalau kalian ingin terus hancurkan karang ini, habiskan isinya atau kalian ingin balik pulau ini, maka kalian pula yang akan merasakan akibatnya", saya ingat semua yang hadir yang awalnya berdebat akhirnya diam semuanya. tapi saya sadar ada hal yang harus dilakukan yang melibatkan mereka.

beberapa literatur yang saya baca, mengarahkan saya pada sebuah konsep pemikiran perlindungan yang melibatkan masyarakat. hal ini mulai menjadi mimpi saya. saya mulai menularkan pada kawan kawan di lapangan pada lingkungan kerja saya, pada para guide selam teman teman saya di lapangan. hal ini saya mulai ketika saya sadar bahwa konsep penegakan aturan di laut dan konsep pengelolaan top down akan sangat dilakukan karena perlu biaya yang tidak sedikit, sangat di pengaruhi iklim politik yang berkembang di daerah. walaupun konsep perlindungan laut berbasis masyarakat banyak di tentang  dan di pertanyakan  karena dianggap akan memunculkan arogansi masyarakat dan mengalahkan program pemerintah.

saya bersyukur di beri kesempatan untuk ikut serta dalam kampanye pride rare, karena ini merupakan sebuah kesempatan besar saya yang hanya staf untuk memulai mewujudkan, walaupun sebenarnya kesempatan ini bukan untuk saya, tetapi karena yang ditunjuk tidak mau akhirnya saya yang menggantikan. saya memulai dengan kawasan yang bagi sebagian penggerak konservasi adalah kawasan yang sangat sulit sebagian mengatakan "seperti berkerja di neraka." bahkan para ahli tidak memasukkan sebagai kawasan inti padahal merupakan kawasan yang potensi pulihnya cukup tinggi. saya mengerjakan ini dengan mulai membuka diskusi, tatap muka langsung, adu argumentasi, sebagian dibantu media media seperti poster, stiker, baju dengan pesan pesan tertentu, dan lain lain. memang terkadang hal ini membuat urat urat saya menjadi tegang. tetapi saat mereka paham "bahkan batu keras sekalipun akan hancur bila terus ditetesi dengan air yang lembut". perlahan tapi pasti saya mulai menginisiasi kesepakatan kampung untuk daerah perlindungan, diusulkanlah 250 ha karang sebagai calonnya, lalu kami melakukan survey potensi, titik batas dan pada akhirnya kami membuatkan dan memasang tanda batas secara bersama sama di kawasan ini.

bagi sebagian orang ini adalah hal besar yang telah saya lakukan, sebagian lain berkata "hero" kepada saya, tapi bagi saya sendiri ini merupakan wujud mimpi saya dan memulai pekerjaan besar yang telah menanti setelah memasang tanda batas ini. sebagian penggerak konservasi yang berkerja disini berdecak kagum pada capaian kami memasang tanda batas ini karena ini adalah kawasan sulit, setelah sekian tahun mereka berkerja disini belum satupun tanda nyata ada di laut berau sebagai zona inti, tapi kami mewujudkannya. ini semua ada bukan samasekali karena saya, tapi karena tuhan saya yang maha pengasih lagi maha penyayang memberi kemudahan ini sehingga bisa kami lakukan. 15 titik kami pasangi tanda batas (marking zone), 15 titik inilah yang mengawali adanya daerah perlindungan dilaut berau. 15 titik ini adalah wujud nyata pencapaian mimpi kami para penyelam, para pekerja konservasi di laut berau. 15 titik ini adalah tanda betapa efektifnya teknik social marketing yang di bangun melalui Pride Campaign Rare.  mungkin bagi kawasan lain tanda batas ini adalah hal yang biasa tapi bagi kami adalah hal yang sangat sangat luar biasa, karena ini adalah yang pertama setelah semua surat, SK yang dibuat hanya menjadi konsep yang tersimpan rapi di laci meja para pembuat programnya.

selamat untuk kita semua, semoga ini bisa kita lanjutkan untuk semua kawasan di laut berau.

 

  

 

 

 

 

 

 

 

 

Comentarios (10)

Congratulations on your success. And thank you for sharing such a lovely account of your experience.

wah maaf baru buka RP..selamat ya mas Taufiq, pasti semakin semangat kalau sudah ada hasil nyata yang kita dapatkan. Maju terus Berau!!

opiiiiiiiiikkk!!! selamat! ini sebuah pencapaian penting dalam sejarah konservasi laut berau, sekaligus awal dari perjuangan lain untuk mewujudkan perikanan berkelanjutan bagi masyarakat berau. jangan pernah menyerah! man jadda wa jada.

Congratulations Tauriq & Team for your success! I'm so happy to see that you have transformed your idea into reality. This buoy design is a great idea, and something the community (and you!) can feel proud of as well as being involved in construction. I look forward to reading your updates and future successes.

Selamat ya Piq, aku selalu lihat apa yang dicapai sampai sejauh ini adalah gambaran komitmen, konsistensi dan upaya pantang menyerah dari Taufiq untuk mewujudkan mimpi membangun daerah perlindungan laut bagi masyarakat. Banyak orang yang memiliki mimpi tapi kemudian gagal mewujudkannya karena dia tidak berani untuk mengambil langkah nyata dan tidak sungguh2 ingin mewujudkannya. Akhirnya orang ini hanya living in their dream (hidup dalam mimpi2nya) dan make their dream comes true. Pencapaian ini bukanlah sebuah titik akhir tapi hanya sebuah tonggak dari pekerjaan besar lainnya di depan: meyakinkan masyarakat dan semua stakeholders untuk mendukung kawasan NTZ, mendapatkan kesepakatan mengenai sistem aturan yang akan diterapkan di kawasan ini dan menjamin masyarakat menjaga keberlanjutan insiatif ini. Sekali lagi selamat ya Fiq.

Thanks mas

Dengan keyakinan, Piq. diiringi niat baik. Mudah2an bermanfaat buat orang banyak dan Taufiq secara pribadi. keep spirit ya! jaga terus kepercayaan dan komunikasi yang sudah terbangun. Sukses selalu KKLD Berau!

Akhirnya nongol juga di rareplanet....Selamat ya Piq, atas pencapaiannya. Saya yakin akan banyak ucapan selamat, dan ratusan bahkan mungkin ribuan jempol untuk dirimu. Namun yang perlu aku ingatkan adalah menjaga apa yang telah kau capai tentu akan lebih sulit, menjaga semangat masyarakat, serta kepedulian dan kesadaran mereka untuk terus mematuhi apa yang telah dicapai dan disepakati bersama. Perjuangan kita masih panjang kawan...!

Yup mas memang membuat itu lebih mudah dari pada menjaga apa yang telah kita buat. Thanks mas! Kita cuman bisa berusaha!

Alhamdulillah.... terharu,gembira n bangga waktu baca blog bung taufiq ini. Kerja keras yang dibangun bersama tim (masyarakat,staf dkp,diver,dll) semakin berdampak nyata untuk mewujudkan mimpi itu. Sukses untuk Bung Taufiq n Tim Pride Campaign Berau!

Translate Content:

difundir la palabra