RarePlanet.org, as you know it, will retire in spring, 2014. Please visit www.rare.org for new and improved content and subscribe to the e-newsletter for continued Rare stories and updates. Thanks for your contributions. We look forward to hearing from you on Rare.org!

Campaign for Sustainable Fishing - Kawasan Konservasi Laut Berau, Kalimantan Timur

Blog

DISTRIBUSI MEDIA MEDIA KAMPANYE

Poster, stiker, baju, mug, pin, dan lembar dakwah sudah saya cetak dan sudah saya distribusikan kelapangan khususnya diwilayah kampung tanjung batu dan kampung pulau derawan sebagian juga kami bagikan di wilayah kampung teluk semanting. media media ini sampai hari ini terus menjadi pembicaraan pada tingkat kampung khususnya mereka mereka yang saat distribusi ini dilakukan berkesempatan bertemu langsung dengan saya dan memang hampir semua pertanyaannya adalah menyangkut tentang pengertian penangkapan berlebih (overfishing), ternyata walaupun mereka menyadari tanda tanda di laut mereka telah terjadi penangkapan berlebih mereka masih mempertanyakan kenapa laut mereka di katakan telah terjadi penangkapan berlebih. dan setiap pertanyaan itu muncul berulang kali saya menjelaskan dengan detail dan rinci sehingga saya yakin mereka memahami bahwa kenapa telah terjadi penangkapan berlebih di tempat mereka menggantungkan kehidupan mereka.

pesan pesan yang saya masukkan di dalam media media kampanye seperti poster baju stiker pin dan mug apa lagi lembar dakwah bisa dikatakan sangat efektif untuk mengajak mereka (nelayan dan masyarakat pesisir) untuk berfikir dan merenung. karena pesan pesan yang saya masukkan memang berisi tentang fakta dilapangan, solusi sebagai upaya, mimpi, serta ajakan. sedikitpun memang tidak ada pesan dalam bentuk larangan, karena saya sadar betul bahwa saya ataupun lembaga saya tidak pernah boleh melarang masyarakat melakukan pemanfaatan sumberdaya laut, kami dan saya yakin kita semua sedang berupaya melakukan pengaturan bukannya pelarangan supaya sumberdaya alam khususnya laut bisa lestari, bisa dimanfaatkaan dari generasi ke generasi.

Saya sendiri yang mulai konsep sampai final siap cetak mengerahkan segala kemampuan saya untuk membuat media ini termasuk pesan pesannya (tentunya juga di bantu tim rare bogor) terkadang "ngeri" sendiri membaca pesan yang saya tulis sendiri. karena saya sendiri tidak pernah tahu ini akan benar benar bisa mewujudkan mimpi (ikan berlimpah nelayan sejahtera) yang saya bangun di masyarakat. apalagi saya juga sering dihantui pemikiran tentang kelanjutan setelah kegiatan kampanye ini selesai. saya selalu berharap ini tidak menjadi sia sia. pengalaman saya memperlihatkan bahwa banyak kampanye seperti yang saya lakukan ini hanya menjadi mimpi, bahkan sampai pada cemoohan karena mimpi itu belum pernah terwujud di masyarakat. pengalaman saya menggambarkan bahwa ketika ikan melimpah malah para tengkulak atau para pengumpul yang semakin sejahtera bukan nelayannya.

saya sadar betul bahwa setiap pesan yang di "lempar" ke lapangan tanpa langkah tindak lanjut nyata hanya membuang buang energi, karena tidak ada pernah hasil yang bisa mereka lihat atau rasakan secara langsung. selama saya berhadapan dengan mereka dilapangan "personal trust"  jauh lebih penting, karenanya saya sangat sering sekali menyempatkan berdiskusi dengan mereka dilapangan face to face walaupun terkadang apa yang mereka sampaikan kepada saya, bagi saya adalah sebuah kenyataan yang menyakitkan, terkadang malah seperti seorang penuntut umum di dalam sidang melawan lembaga kami.

tetapi bagi saya semua ini adalah sebuah proses, saya tahu semua ini perlu waktu, dan kampanye ini bukannya hanya untuk khalayak target saja tetapi bagi institusi saya sendiri pun ini adalah hal yang sangat baru yang perlu diadaptasi. Waktu, budget dan hasil (harapan) adalah tiga hal yang terus berkejar kejaran seiring dengan time line yang semakin sempit. kampanye ini dengan semua media, pesan pesan, kegiatan demi kegiatan sebenarnya semakin membuka pola pikir saya tentang apa dan bagaimana melakukan upaya pelestarian laut kami, tapi saya sadar bahwa saya cuman orang kecil dengan mimpi besar dan selalu berharap semoga menjadi orang orang besar dengan mimpi yang jauh lebih besar sehingga saya bisa melanjutkan apa yang saya sudah mulai ini. kampanye ini dengan media medianya yang telah di lempar dilapangan telah menyadarkan banyak pihak, dan target saya melalui kampanye ini adalah membuat sebuah konsep nyata, prototipe yang terstruktur untuk melaksanakan pelestarian lingkungan yang benar benar berorientasi pada nilai capaian bukan sekedar pemenuhan program / milestone di RP. makanya DPL ini khususnya di Karang Tebabinga Kampung Pulau Derawan benar benar menjadi tolak ukur sekaligus project percontohan untuk bisa di adopsi menyeluruh di kawasan laut berau, semoga ini bisa dipahami oleh semua penentu kebijakan di kawasan ini. amin.

" dokumentasi menyusul, jaringan error, thanks"

Comentarios (5)

thank you for sharing. your intentions and ambitions are really noble.

"....Selalu berharap semoga menjadi orang orang besar dengan mimpi yang jauh lebih besar sehingga saya bisa melanjutkan apa yang saya sudah mulai ini..." Doa itu pun telah dilantunkan khusyuk, yang diiringi dengan kegigihan dalam setiap langkahnya. Fa idza azzam ta fa tawakal 'ala 4WI. Sukses Bung Taufiq...!

Hemmm...blog keren, satu hal yg ingin ku garis bawahi, sebanyak apapun media yg kita buat, tidak akan berfungsi maksimal tanpa kehadiran kita secara langsung.

Kita semua harus sadari kampanye ini bukan tentang media tetapi tentang membangun kepercayaan dan dipercayai. Makanya" personal trust" lah yang menjadi tolak ukurnya. Kampanye ini harus dipikirkan kelanjutannya jangan hanya target membuat media. Atau milestone di RP.Berfikirlah untuk tahun tahun berikutnya.

Merinding bacanya Fiq, segala sesuatu yang dimulai dengan niat baik dan hati yang tulus, dengan ijin Tuhan, akan memberikan hasil. Sekarang lo udh membuka jalan berpikir dan pola pemikiran masyarakat target, trust sudah terbentuk, sekarang perlahan-lahan ajak mereka untuk juga membantu memecahkan masalah mereka. Maju terus ya Fiq, nanti kita buat media dan event yang lebih menjangkau khalayak lagi di September. Proud of you Fiq.

Translate Content:

difundir la palabra