RarePlanet.org, as you know it, will retire in spring, 2014. Please visit www.rare.org for new and improved content and subscribe to the e-newsletter for continued Rare stories and updates. Thanks for your contributions. We look forward to hearing from you on Rare.org!

Campaign for Sustainable Fishing - Kawasan Konservasi Laut Berau, Kalimantan Timur

Blog

MATERI DAKWAH : MENGELOLA LAUT KEWAJIBAN KITA BERSAMA

v\:* {behavior:url(#default#VML);} o\:* {behavior:url(#default#VML);} w\:* {behavior:url(#default#VML);} .shape {behavior:url(#default#VML);} /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; text-align:justify; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

Diperbanyak Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Berau

Laut merupakan bagian terluas dari bumi yang indah. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh banyak ahli didunia ditemukan bahwa luas lautan dibumi ini adalah sekitar 70% dan 30% daratan. Didalamnya dikaruniai Allah SWT dengan beraneka jenis mahluk hidup yang hampir seluruhnya bermanfaat bagi kehidupan manusia baik yang untuk dimakan memenuhi gizi manusia maupun yang dipakai untuk memperindah manusia. Hal ini seperti disebutkan didalam Al Qur’an :

“…Dan Dia-lah, Allah yang menundukkan lautan(untukmu) agar kamu dapat memakan daripadanya daging yang segar (ikan), dan kamu mengeluarkan dari lautan itu perhiasan yang kamu pakai; dan kamu melihat bahtera berlayar padanya, dan supaya kamu mencari(keuntungan) dari karunia-Nya, dan supaya kamu bersyukur…” (Surah An-Nahl Ayat 14)

Seperti yang disebutkan pada ayat diatas bahwa kita telah sedemikian banyak diberikan sumberdaya laut karena memang Allah SWT Maha Mengetahui bahwa manusia membutuhkan protein yang banyak untuk bisa hidup diatas muka bumi ini. lautan yang luas ini berisi dengan banyak jenis ikan yang menurut penelitian jumlahnya sekitar 27 ribu jenis yang sudah ditemukan dan mungkin masih ada ratusan jenis ikan lain yang ada di bawah laut dalam, yang tidak terjangkau oleh kemampuan pengetahuan manusia. Belum lagi keindahan yang bisa kita temukan didalamnya yang beberapa bisa kita pakai sebagai hiasan seperti mutiara yang bernilai mahal.

Saat ini mungkin kita mulai merasakan penurunan sumberdaya laut yang nyata. Hal ini bisa kita lihat melalui penurunan jumlah tangkapan ikan nelayan, banyaknya terumbu karang sebagai rumah ikan yang hancur, banyaknya sampah yang bisa kita temukan di permukaan bahkan di dalam dasar laut. Keadaan ini telah Allah SWT gambarkan di dalam ayat Al qur’an berikut:

 “Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah menjadikan mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).”  Surah Al-Rum Ayat 41.

Memang kita di perbolehkan untuk memanfaatkan semua sumberdaya laut yang telah dikaruniakan-Nya melalui bumi untuk melayani kehidupan manusia. Namun tentunya kita sebagai manusia perlu berfikir untuk mulai mengelola sumberdaya laut ini dengan sebaik baiknya, supaya laut tetap bisa menghidupi kita.

Kegiatan pemanfaatan laut yang saat ini masih banyak dilakukan dengan cara yang kurang bertanggung jawab. Sebagian manusia masih memanfaatkan laut dengan alat dan bahan yang merusak, banyaknya sampah yang masih di buang kelaut, banyaknya terumbu karang sebagai rumah ikan yang di ambil dan diperdagangkan sehingga ikan kehilangan tempat hidupnya.

Manusia tidak pernah menciptakan ikan, tidak pernah menciptakan karang, tidak pernah bisa menciptakan air laut yang asin. Allah lah yang maha mencipta semua ini untuk kita, untuk kehidupan kita. Manusia dijadikan sebagai penguasa untuk mengelola semua ini untuk kelanjutan kehidupan manusia seperti disebutkan pada ayat Al-Qur’an berikut:

Dan Dialah yang telah menjadikan kamu penguasa-penguasa di bumi dan Dia meninggikan sebagian kamu atas sebagian (yang lain) beberapa derajad, untuk mengujimu tentang apa yang diberikanNya kepadama. Sesungguhnya Tuhanmu amat cepat siksa-Nya, dan sesungguhnya Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.           (Qur’an, S. Al-An’am 165)

 

Janganlah kamu membuat kerusakan dimuka bumi, sesudah allah memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut dan harapan. Sesungguhnya rahmat allah amat dekat kepada orang yang berbuat baik (Surah Al A’raf 56)

 

Manusia bukan hanya di berikan keleluasaan untuk memanfaatkan sumberdaya laut tetapi juga di wajibkan untuk melakukan pengelolaan pelestarian sumberdaya laut. Hal ini dimaksudkan supaya manusia bisa terus memanfaatkan sumberdaya laut secara terus menerus.

Manusia juga dilarang untuk berbuat kerusakan dimuka bumi karena semua kerusakan yang disebabkan oleh manusia akan kembali dirasakan oleh manusia sendiri. Kerusakan alam yang diakibatkan sebagian orang akan berdampak pada semua manusia yang ada disekitarnya. Sebagai contoh yang paling nyata dihadapan kita adalah ketika terumbu karang telah rusak, ikan ikan semakin menghilang sehingga para nelayan harus menangkap ikan pada tempat yang semakin jauh dan ikan yang di peroleh pun semakin kecil kecil. Terkadang hasil tangkapan ikan tidak lagi sesuai dengan biaya yang dikeluarkan untuk mencari ikan di laut.

 

Marilah kita merenung sejenak, dibulan yang suci ini, berapa banyak nikmat allah yang sudah kita terima, kita rasakan bahkan kita makan dari hasil laut-Nya yang Dia ciptakan untuk kita manusia sekalian. Sudahkan kah kita bersyukur dengan ikut serta menjaga karunia-Nya menjaga lautnya, menjaga alam yang dititipkan-Nya kepada kita. Sudahkah kita berbuat untuk memperbaiki kawasan kawasan yang telah mengalami kerusakan akibat perbuatan yang tidak bertanggung jawab. Jawabannya kembali pada diri kita sendiri. Apakah kita ingin kehidupan lebih baik dengan mulai mengelola kawasan laut kita sehingga sumberdayanya semakin baik dan ikannya semakin banyak atau… kita biarkan saja seperti yang telah terjadi tanpa berbuat sesuatu sampai sumberdaya laut habis karang rusak semuanya, ikan menjadi sulit di temukan.

 

KITA DUKUNG BERSAMA DAERAH PERLINDUNGAN DIWILAYAH KITA SEBAGAI WUJUD AMAL IBADAH DAN KEWAJIBAN KITA SEBAGAI MANUSIA YANG BERTAQWA KEPADA ALLAH. KELESTARIAN LAUT UNTUK KESEJAHTERAAN KITA SEMUA.

IKAN BERLIMPAH NELAYAN SEJAHTERA

 

 

 

 

 

Comentarios (6)

what a wonderful way to pay tribute to ramadan. thank you for sharing.

Mantab Mas Taufiq. untuk kawasan yang masyarakatnya dikenal muslim yang religius (santri), memasang ayat suci sebagai bagian dari poster kadang efektif juga. apalagi kalau ini keluar dari tokoh pemimpin agama. inisiatif serupa tampaknya ada di kepulauan seribu dan saya yakin juga di tempat lain. Mungkin baik kalau kita kompilasi. Untuk keperluan kompilasi, baik juga dikutip Al Baqarah 30 (tentang manusia sebagai khalifah atau manager), dan Ar Ra'du 13 ('Allah tak akan mengubah keadaan suatu kaum kecuali mereka mengubah diri mereka sendiri) ini bisa mendorong tanggung jawab manusia untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam. silahkan dilanjut kompilasi ayat ayat yang bisa digunakan untuk tujuan positif ini.

Thanks for sharing this Taufiq. it is encouraging for us all as well as important for the campaign

Hi Taufiq, I was wondering, has this speech be given already? Did you say it or a religious leader? Have you said it many times? Very powerful. Thanks for sharing. Lulu

masukan yg bagus dari pak ustadz papandayan fiq, ditambahkan ke masukan yang aku sudah berikan lewat email ya

Wah mantap sekali nih mas Taufiq. Masukan dariku, bisa ditambahkan bbrp data aktual ttg tekanan yg terjadi di dalam kawasan (overfishing dll), dan juga di bagian akhir bisa ditambahkan ajakan utk berbuat bbrp hal yang bisa dilakukan sehari-hari dengan lebih jelas (misalnya; tidak mengambil ikan di dalam NTZ, atau tdk mengambil ikan dg ukuran tertentu, dll). Mohon maaf lahir dan bathin, selamat menunaikan ibadah Ramadhan.

Translate Content:

difundir la palabra