RarePlanet.org, as you know it, will retire in spring, 2014. Please visit www.rare.org for new and improved content and subscribe to the e-newsletter for continued Rare stories and updates. Thanks for your contributions. We look forward to hearing from you on Rare.org!

Campaign for Sustainable Fishing - Kawasan Konservasi Laut Berau, Kalimantan Timur

Blog

Kami Membantu Meningkatkan Kapasitas Masyarakat Tanjung Batu

Kelompok Jaringan Nelayan (JALA) kampung tanjung batu kecamatan pulau derawan adalah kelompok masyarakat yang berinisiatif untuk melindungi kawasan laut mereka dari ancaman penggunaan destruktif fishing.  mereka terus mengambangkan kapasitasnya sebagai kelompok nelayan dengan banyaknya bantuan bantuan pelatihan yang diberikan pemerintah maupun LSM konservasi wi kabupaten berau. pada awal bulan juli ini kami diminta untuk memfasilitasi pelatihan presentasi. hal ini dilakukan karena kelompok ini akan mencoba menginisiasi daerah perlindungan secara mandiri dihadapan pemerintah kampung dan pemerintah kecamatan. tujuan inisiasi ini adalah untuk mendapatkan kesepakatan kampung dan kecamatan tentang lokasi yang akan dijadikan sebagai daerah perlindungan di wilayah ini menyusul telah ditetapkannya karang tebabinga pulau derawan sebagai daerah perlindungan. pada pelatihan ini saya juga berkerjasama dengan Joint Program TNC WWF. presentasi yang kami susun terdiri dari 3 bagian yang akan di bawakan oleh 3 orang yang berbeda dalam pertemuan kampung minggu selanjutnya. tiga bagian materi ini antara lain materi tentang Kelompok JALA sejarah dan perkembangannya, materi tentang penangkapan berlebih dan daerah perlindungan sebagai bagian dari materi kampanye Pride, dan materi tentang kegiatan pengawasan dan monitoring berbasis masyarakat.

pelatihan ini dilakukan sebagai salah satu upaya kami untuk menjadikan JALA sebagai percontohan bagi kawasan lain. dengan kemampuan mereka untuk menjadi presenter mereka bisa menjelaskan dan mensosialisasikan kegiatan mereka bukan hanya pada tingkat kampung tetapi juga pada tingkatan kabupaten dengan harapan para pemangku kepentingan (stakeholder) di pemerintahan memberikan dukungan maksimal terhadap kelanjutan kelompok ini. dengan kemampuan ini juga mereka bisa mensosialisasikan pekerjaan mereka kepada semua pengunjung di kawasan ini. pemikirian saya "kalau pemerintah yang melakukan presentasi itu hal yang biasa tetapi kalau masyarakat yang melakukan presentasi untuk membangun kepedulian sesama masyarakat pastinya merupakan hal yang luar biasa". dalam pertemuan saya mengupas panjang lebar bagaimana overfishing itu terjadi dan kenapa harus ada sebuah daerah perlindungan untuk masing masing kampung supaya dalam presentasi nanti mereka punya modal yang kuat dan bisa meyakinkan para audiencenya untuk ikut serta mendukung kelompok ini. saya selalu berusaha optimis ini bisa berjalan dan menjadi cikal bakal masyarakat pesisir yang mandiri. semogaaaaa ! ! ! !

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Comentarios (4)

Kalau masyarakat di Tanjung Batu dan Derawan ini benar menjadi masyarakat yang mandiri (civil society) maka salah satu peletak dasarnya adalah seorang bernama Taufiq Hidayat. I'm really proud of you Fiq. Maju terus

wah semakin masju ya kampanye di Berau, semoga bisa terus semangat mas taufiq!! jangan lupa sharing ya..

sounds like you are making real progress.

melanjutkan pekerjaan besar.

Translate Content:

difundir la palabra