RarePlanet.org, as you know it, will retire in spring, 2014. Please visit www.rare.org for new and improved content and subscribe to the e-newsletter for continued Rare stories and updates. Thanks for your contributions. We look forward to hearing from you on Rare.org!

Campaign for Sustainable Fishing - Mayalibit Bay Marine Protected Area (Bogor 5 Campaign)

Blog

“ Wawancara nelayan di Atas Perahu Dayung di Tengah Laut “

Hari ini tanggal 28 November 2012, pagi-pagi sudah bangun dan segera mempersiapkan segala perlengkapan survey KAP yang akan tim survey bawa menuju ke kampung kalitoko. Setelah makan pagi, tim mulai membereskan semua perlengkapan dan membawanya ke spedboat djako walut yang akan mengantarkan kami ke kalitoko.

 

Setelah semuanya beres, kami pun mulai naik ke spedboat dan segera memulai perjalanan kami ke kampung kalitoko. Dalam perjalanan ke kalitoko, kami menyusuri pinggiran pulau-pulau batu di dalam teluk dan setelah menempuh perjalanan hampir 30 menit, kami pun sampai di kampung kalitoko. Saya segera menuju rumah kepala kampung, pas di tengah jalan saya bertemu dengan masyarakat yang sedang bekerja membersihkan kampung. Saya pun langsung bertanya kepada mereka yang sedang bekerja;

Beth                   : selamat siang kk dong semua.

Masyarakat        : serempak menjawab, selamat siang juga ade.

Dikerumunan itu ada juga seorang kk pengasuh sekolah minggu yang juga sama-sama dengan mereka untuk bekerja, saya pun langsung menyapa beliau;

Beth                   : kk pengasuh sa bisa perlu sebentar kh?

Kk pengasuh pun menjawab;

Kk pengasuh      : bisa saja etha, bagaimana? Apa yang bisa saya bantu

Beth                      : iyo begini kk, sa mo tanya ni, bapak kepala kampung ada kh?

Kk pengasuh      : tidak ada, kepala kampung ada keluar ke waisai

Beth                      : oh,,,, kalau bapak guru, ada kh?

Kk pengasuh      : bapak guru juga tidak ada

Beth                      : yah, baru saya harus menghadap ke siapa nich?

Kk pengasuh      : baru ade ada mo kegiatan apa?

Beth                      : iyo begini kk pengasuh, kami akan melakukan survey kondisi perikanan lema di teluk mayalibit, jadi kami akan mewawancara nelayan-nelayan yang suka melobe ikan lema di perairan warsambin dan lopintol. Jadi kk disini ada nelayan lema kh?

Kk pengasuh      : ada ade, mari saya antar ke beliau punya rumah. ­

Beth                      : ok sip kk, mari teman-teman kita ikut kk pengasuh ini.

Akhirnya kami pun melanjutkan perjalanan ke rumah salah seorang nelayan lema, tetapi sesampainya di rumah beliau tidak ada di rumah. Istrinya bilang kalau beliau ada mancing didepan kampung, ade dong ke laut depan kampung saja, pasti kk dia ada disana. Akhirnya saya pun mengucapkan terima kasih dan melanjutkan perjalanan mencari responden lainnya. setelah mewawancara responden yang 1 nya lagi, saya dan tim pun kemudian pergi mencari responden yang mancing di laut depan kampung. Sesampainya di laut kami menemukan beliau sedang molo-molo teripang. Saya pun menyapa beliau ;

Beth                      : selamat siang kk, minta maaf sa mengganggu kk pung waktu,

Responden         : selamat siang juga ade, tidak papa.

Beth                      : begini kk, kami ada melakukan survey kondisi perikanan lema di teluk mayalibit, dan saya dengar kk juga biasa lobe ikan lema di warsambin kh?

Responden         : iyo, saya juga suka lobe lema di warsambin

Beth                      : oh, berarti pas sudah,. Jadi begini kk, saya bisa minta kk punya waktu sedikit kh untuk saya wawancara kk, tentang perikanan lema ini.

Responden         : bisa ade,

Beth                      : ok terima kasih kk, nanti saya punya teman 1 yang akan wawancara kk.

Setelah berbicara dengan beliau, saya pun mengarahkan salah seorang enumerator untuk turun ke perahu nelayan tersebut dan mewawancara beliau di atas perahu di tengah laut. Saya dan enumerator ini kemudian naik ke perahu nelayan tersebut dan mewawancara beliau atas perahu.

Setelah selesai mewawancara beliau, kami mengucapkan terima kasih dan memohon permisi untuk kembali ke pos. Beliau pun mengucapkan terima kasih dan kami pun melanjutkan perjalanan. Dan pas mau jalan kembali si enumertaor yang tadi sudah melakukan wawancara di atas perahu, bilang kepada saya

Enumerator        : wah saya senang sekali bisa wawancara nelayan di atas perahu baru di tengah laut lagi, pengalaman menarik dan takan terlupakan buat saya. Ini pertama kalinya,,,,

Beth                      : iya benar sekali tu, itu pengalaman tak akan terlupakan. Kalau kk eta sih su biasa wawancara di laut, hehehehehe.

Enumerator        : itu lagi, tapi sa senang karena  bisa wawancara di tengah laut.

1 pengalaman menarik karena kami harus mencari responden ke rumahnya, tapi pas sampai di rumah orangnya tidak ada akhirnya kami mencarinya ke laut, karena kalau kami tidak mencari kelaut maka itu akan membuat kami balik lagi ke kampung. Sampai dilaut langsung tidak menunggu sampai beliau pulang lagi tapi langsung wawancara diatas laut. Saya juga ikut senang karena walaupun cape harus berjalan kaki mengelilingi kampung yang panjang dan harus mencari responden ke laut tapi tim enumerator tetap semangat melakukan surveynya dan walaupun wawancara di tengah laut, itu menjadi satu pengalaman juga buat kami.

Semangat yang sungguh luar biasa dari para enumerator, yang tidak mengenal lelah, baik hujan maupun panas mereka tetap bersemangat untuk melakukan tugasnya.

Terima kasih buat semua teman-teman enumerator dan tim lapangan yang sudah membantu dan setia mendampingi dalam surveynya.


 

Comments (6)

Keren... selama masih bisa berkomunikasi, seluruh tempat dapat dilakukan wawancara.

What a winding adventure to get you to the right place! Great photos!

Terima kasih atas cerita ini! Saya suka sekali foto anda melakukan wawancara di perahu! Kadang-kadang, harus pakai alat/tempat yang cocok dengan responden! Baik sekali.

hohoho..... menarikkkk! terima kasih ya, Beth. sudah bagi cerita dengan kami. semoga pengalaman ini menjadikan warna hidup Beth lebih kaya lagi. Semangat!! Mila, Beth itu sister (ato sist gitu). bukan bro. bro mah buat cowok, dari brother. hehehehe......

selamat ya bro survey KAP, All The Best for "DUAL CORE"

Mba Mila, terima kasih ya,, sukses buatmu jg.

Translate Content: