RarePlanet.org, as you know it, will retire in spring, 2014. Please visit www.rare.org for new and improved content and subscribe to the e-newsletter for continued Rare stories and updates. Thanks for your contributions. We look forward to hearing from you on Rare.org!

Campaign for Sustainable Agriculture/Ujung Kulon National Park, Banten, Java (Bogor 3 Campaign)

Blog

Berbagi Pengalaman Ditengah Keterbatasan

Ujung Kulon, 10 Desember 2011. Menjalankan kegiatan pride campaign di Taman Nasional Ujung Kulon adalah suatu pengalaman dan sekaligus pembelajaran yang sangat luar biasa bagi saya secara pribadi. Diawal menjalankan kegiatan ini, yang ada didalam benak saya adalah keraguan dan beban berat atas capaian hasil konservasi yang akan kami dapatkan diakhir program nanti. Saya menyadari itu sejak awal, karena kerjasama yang dilakukan antara Balai TN. Ujung Kulon dengan RARE sangat berbeda dengan kerjasama antara RARE dengan lembaga mitra lainnya, dimana dalam kerjasama tersebut, Balai TNUK tidak menerima dana inti (Core Fund) dari RARE. Oleh karena itu, menjadi sangat penting jika dalam menjalankan kegiatan pride campaign di TNUK diperlukan tanggung jawab, kerja keras, usaha dan kemauan atas apa yang telah menjadi komitmen bersama.

Kata KOMITMEN menjadi sangat berarti dan selalu saya kedepankan dalam setiap menjalani tahapan demi tahapan kegiatan pride campaign, baik itu komitmen saya sendiri maupun komitmen dari lembaga saya. Komitmen pribadi yang saya kedepankan untuk menjalankan kegiatan pride campaign adalah berpikir, berusaha dan bertanggung jawab agar apa yang saya lakukan untuk menjalankan kegiatan pride campaign memperoleh hasil sesuai dengan yang telah ditetapkan, memang saya akui tidak mudah untuk memegang komitmen tersebut, karena ada faktor pembatas yaitu : terbatasnya anggaran, terbatasnya waktu dan terbatasnya kewenangan yang saya miliki. Dari sinilah saya dituntut untuk berpikir diluar "kotak" dan berani keluar dari zona nyaman untuk sesuatu yang lebih baik, hal ini tentunya bagi saya sebagai seorang PNS tidak mudah untuk memulainya, sangat sulit dan perlu waktu lama untuk memulainya, hanya karena komitmen dan tanggung jawablah yang mempercepat saya melakukan itu.

Balai TN. Ujung Kulon telah memberikan banyak komitmen alokasi anggaran untuk kegiatan kampanye pride, melalui kegiatan penyuluhan, produksi material hingga transportasi, namun alokasi anggaran tersebut belum mencukupi untuk sebuah proses dalam mencapai target yang telah ditentukan, oleh karena itu saya dituntut berpikir kreatif ditengah keterbatasan anggaran yang kami miliki. Hal yang saya lakukan adalah mencari donatur atau mitra yang mau membantu kegiatan pride campaign di TNUK, saya mengajukan proposal kepada WWF Ujung Kulon, Yayasan Dharma Bhakti Astra, Dinas Pertanian dan Peternakan Propinsi Banten, Radio Krakatau FM, dan mitra kami lainnya. Saya bersyukur atas apa yang telah saya lakukan, para mitra banyak membantu kami baik berupa materi, program ataupun barang untuk kegiatan pride campaign di TNUK.

Pembelajaran yang ingin saya sampaikan adalah, keterbatasan tidak sepenuhnya sebagai faktor penghambat untuk mencapai target atau tujuan yang telah kita tetapkan, karena keterbatasan yang kita miliki dan tanggung jawab yang selalu kita pegang, akan membuahkan komitmen yang tinggi dari diri kita. Dengan demikian, jikalau target kita yang telah kita tetapkan tidak tercapai semuanya, paling tidak ada sebagian yang bisa kita capai.

 

Salam Hormat

Indra K. Harwanto

Comments (2)

Bener banget Bos ... kalau melihatnya sebagai keterbatasan maka semuanya akan terasa serba susah untuk bergerak maju, tapi kalau kita bisa melihatnya sebagai sebuah tantangan maka itu akan memberi kita motivasi dan tarikan untuk kreatif dan inovatif sehingga bisa mengatasinya dan bergerak maju. Tantangan ada untuk membuat diri kita bertumbuh, dan kita tidak akan tahu batas kemampuan kita kalau kita tidak pernah mencoba untuk mulai melakukan sesuatu dengan cara berbeda ... ! jadi, keluar zona nyaman? siapa takut! iya toh?! *lagi ngomong sama cermin :P* Semangat!sari

Trims Ndung atas pembelajarannya. *Beruntung juga bisa ngintip Mbak Sari ngomong di depan cermin*.

Translate Content:

similar campaigns

  • Asia
  • Mammal