RarePlanet.org, as you know it, will retire in spring, 2014. Please visit www.rare.org for new and improved content and subscribe to the e-newsletter for continued Rare stories and updates. Thanks for your contributions. We look forward to hearing from you on Rare.org!

Campaign for Sustainable Forest Management/Lamandau River Wildlife Reserve, Central Kalimantan, Borneo, Indonesia

What's Happening

campaign blog

Ladang Menetap Tanpa Bakar Berbasis Karet Membangkitkan Kembali Masyarakat Karet



Organisasi/kelompok masyarakat yang menjadi mitra sekaligus dampingan adalah, kelompok tani di Desa Tempayung yang baru diinisiasi pada bulan Juli 2012 dan disahkan pada bulan Oktober 2012. Dari hasil kesepakatan bersama, kelompok ini diberi nama “Kelompok Tani Terpadu Suka Maju”.
 
Kelompok ini memiliki kegiatan utama di bidang budidaya tanaman karet yang dipadukan dengan keberagaman tanaman pertanian dan kegiatan lainnya. Jumlah anggota yang tercatat saat ini, sebanyak 16 orang dengan susunan pengurus sebagai berikut; Ketua (Bpk. Gati), Sekretaris (Bpk. Ketek) dan Bendahara (Bpk. Unat).
 

campaign blog

Kelompok HKm Danau Seluluk Jaya- Menginspirasi Gerakan Kebun Bibit Rakyat di Kotawaringin Barat dan Lamandau

Akhirnya sekitar 10.000 polibag baru terisi tanah, dan sebelumnya sudah sekitar 13.000 lebih polibag terisi oleh bibit karet lokal dan sekitar 10.000 lebih polibag berisi tanaman sengon.
 
Polibag-polibag baru tersebut kini telah berisi sekitar 500 tanaman durian, 200 tanaman cempedak, 60 tanaman bintangur, 80 tanaman piais, 40 tanaman ubar kayu, 40 tanaman gaharu, 1000 tanaman meranti dan masih tersisa polibag kosong menunggu bibit yang sedang dicari, seperti pulai, papung, jelutung, merang, belangeran, ramin.

campaign blog

Danau Seluluk Jaya, Mendawai-Kotawaringin Barat, Kalteng : Kelompok Penyemai Bibit Tanaman Kehutanan Bagi Pengembangan Ekonomi dan Pelestarian Hutan Penyangga SM Sungai Lamandau


Hasil kesepakatan dari sosialisasi pertemuan segera membuat rencana aksi, anggota kelompok Danau Seluluk Jaya, dusun Karang Anyar-kelurahan Mendawai siap membantu pencarian bibit, penyiapan fasilitas penanaman dan melakukan perawatan tanaman. Kemudian dua kelompok tani HKm lainnya, yaitu Kelompok HKm SEPAKAT, desa Tanjung Putri dan Kelompok HKm Sungai Gandis, kelurahan Mendawai Seberang juga memberikan komitmennya untuk mendukung kegiatan ini berupa tenaga pencarian bibit.
 

campaign blog

Menciptakan Pertanian Tanpa Bakar, Membangun Ekonomi Berkelanjutan

Suaka Margasatwa Sungai Lamandau (SMSL), adalah kawasan konservasi di provinsi Kalimantan Tengah yang dijadikan tempat

campaign blog

Perjalanan Kampanye Mendukung Isu REDD+ dan Perhutanan Sosial Di Kalimantan Tengah

 

campaign blog

Perjalanan Triwulan Ketiga : Banyak Perubahan Kembali Terjadi-Masyarakat Banyak Mengadopsi Perilaku Positif Ajakan Kampanye

 

Suaka Margasatwa Sungai Lamandau dan wilayah hutan penyangganya merupakan salah satu kawasan penting di Provinsi Kalimantan Tengah bagian Barat untuk pelestarian ekosistem hutan dataran rendah, habitat orangutan dan sumber matapencaharian bagi masyarakat desa sekitar hutannya. Desa sekitar kawasan Suaka Margasatwa Sungai Lamandau sebanyak 12 desa yang berada di dua kabupaten (Kotawaringin Barat delapan desa dan Sukamara empat desa).

campaign blog

Q/A with Eddy Santoso

 I had the pleasure of meeting Eddy and his colleagues at Yayorin in April. Here is a short intereview with Eddy.

campaign blog

Inisiatif Masyarakat Kelompok dalam Persiapan HKm dan REDD+ = ’Bonus’ sebagai Pencapaian Triwulan Kedua Januari-Maret 2012

Kalimantan Tengah yang ditunjuk sebagai provinsi pemegang amanat untuk pengembangan REDD+ di Indonesia. Provinsi ini kini memiliki 4 demonstrasi aksi untuk REDD+ dan kegiatannya melembaga serta menjamur menginisiasi kelompok/organisasi lain untuk turut melakukan. Salah satu strategi untuk menjaga hutan bersama dengan kata insentif menjadi daya tarik. Berbagai macam artikulasi Insentif REDD+ di masyarakat, pemda dan beberpa LSM dan media. Dengan banyaknya isu tersebut maka Kalteng disleimuti dengan berbagai kegiatan bersifat menginisiasi dan mendorong REDD+.

campaign blog

Cerita Tindak Lanjut Kampanye Bangga Menginisiasi REDD+ melalui HKm Di perjalanan Triwulan Pertama

Perjalanan Tindak Lanjut Kampanye REDD+ dan HKm Ekosistem Suaka Margasatwa Sungai Lamandau

Oktober-Desember 2011

Sebelumnya mohon maaf atas keterlambatan waktu untuk berbagi cerita kepada semua yang mendukung kegiatan ini. Semoga apa yang Kami sajikan belum terlambat dan masih bisa menjadi cerita menarik dan menginspirasi serta tidak menyurutkan semangat dukungan teman-teman dunia untuk mendukung kampanye pelestarian eksositem Suaka Margasatwa Sungai Lamandau melalui isu kebakaran lahan dan hutan mempengaruhi perubahan iklim dan mendorong REDD+ melalui skenario Hutan Kemasyarakatan (HKm).

campaign blog

Catatan Final Cerita Pride SM Sungai Lamandau Jilid 2

 Pangkalan Bun, 6 Januari 2012

 

Translate Content:

similar campaigns

  • Asia
  • Mammal
  • campaign tracker

    Status
    alumni
    100%
    Percentage of Campaign Time Elapsed.
    100%
    Percentage of Campaign Deliverables Complete.

    Campaign Team

    eddy santoso

    Rare Conservation Fellow

    Hari Kushardanto

    Campaign Mentor

    togu simorangkir

    Local Partner Executive Director

    Partners