RarePlanet.org, as you know it, will retire in spring, 2014. Please visit www.rare.org for new and improved content and subscribe to the e-newsletter for continued Rare stories and updates. Thanks for your contributions. We look forward to hearing from you on Rare.org!

Campaign for a Sustainable Forest Use/Bali Barat National Park, Bali, Bali

Blog

REPLIKASI PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN SEBAGAI KEBUN ENERGI DI SUMBERKIMA April 2010

Wujud nyata dari lokakarya petani yang diadakan pada bulan Oktober 2009 adalah pembuatan demplot kebun energi di pekarangan rumah yang selama ini diterlantarkan. Kegiatan ini sebenarnya telah dimulai oleh Yayasan Seka pada bulan Pebruari 2010 dengan memanfaatkan pekarangan di sekretariat lapangan seluas 6 are (600 m2) dengan tanaman kayu bakar (gamal, sengon, lamtoro dan Turi), pakan ternak (rumput gajah) dan tanaman pangan (lombok, singkong, terong, jagung).
Ternyata kerja nyata ini pada bulan April 2010 mulai diikuti oleh petani di Desa Sumberkima yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) dengan memanfaatkan lahan pekarangan disamaping rumah seluas 10 are (1000 m2) yang selama ini lebih banyak dibiarkan terlantar. Kunci kesuksesan ini adalah kerja nyata dan memberi contoh ketika kita bisa melakukan, seperti pemanfaatan lahan terlantar. Ketika mulai kelihatan hasilnya, dan bagus, maka tanpa dikomando akan segera diikuti oleh sebagian petani.
 

Comments (1)

Besar penggunaan sebuah rumah kosong, kerja yang baik. (great use of an abandoned house, good work.)

Translate Content:

similar campaigns

  • Asia
  • Bird