RarePlanet.org, as you know it, will retire in spring, 2014. Please visit www.rare.org for new and improved content and subscribe to the e-newsletter for continued Rare stories and updates. Thanks for your contributions. We look forward to hearing from you on Rare.org!

Campaign for Sustainable Agriculture/Geumpang Forest, Ulu Masen Forest Complex, Aceh, Sumatra

Blog

Kelompok tani agroforestry Mane terbentuk

Kelompok tani agroforestry Mane terbentuk

Mane, Desember 2009

 

Pembentukan kelompok tani agroforestry adalah suatu yang sangat penting dalam proses tata laksana kegiatan. Tanpa kelompok tani yang kuat tidak mungkin suatu aktifitas dapat berjalan sesuai dengan tahapan yang direncanakan.

Karenanya proses pembentukan kelompok ini seharusnya dilakukan pada awal kegiatan, sebelum masuk pada tahapan lainnya.

Kelompok yang terbentuk bertujuan untuk :

  1. Sebagai pihak yang mengatur masalah manajemen kerja kebun demplot

  2. Sebagai pihak pelaksana teknis kegiatan di kebun-kebun demplot

  3. Sebagai penerima manfaat dari program

  4. Sebagai cikal bakal dari fasilitator tani lokal, hasil dari pelatihan dan pendampingan intensif (ToTs- Trainee of Trainers).

Pembentukan kelompok agroforestry untuk kebun demplot di Kecamatan Mane dilaksanakan setelah kegiatan analisa kebun berlangsung. Yakni pada bulan Desember 2009.

Pada bulan Januari 2010, empat kelompok demplot telah dibentuk di masing-masing desa di kecamatan Mane dimana rencana kebun dilaksanakan. Syarat pembentukan kelompok diatur oleh pihak desa/gampong yang disetujui oleh kepala desa/ gampong. Masing-masing kelompok berjumlah minimal 10 dan maksimal 15 orang.

Kelompok demplot adalah kelompok pelaksana lapangan program agroforestry yang akan diperkenalkan melalui program ini. Kelompok juga diwajibkan menyertakan keterwakilan pihak perempuan.

AttachmentSize
Daftar_nama_kelompok_dan_nama_anggota_kelompok_Agroforestry_di_Mane.docx15.98 KB




Comments (0)

Translate Content:

similar campaigns

  • Asia
  • Mammal