RarePlanet.org, as you know it, will retire in spring, 2014. Please visit www.rare.org for new and improved content and subscribe to the e-newsletter for continued Rare stories and updates. Thanks for your contributions. We look forward to hearing from you on Rare.org!

Campaign for Sustainable Agriculture/Ujung Kulon National Park, Banten, Java (Bogor 3 Campaign)

Blog

Eksemplar Kuisioner Terakhir

Sumur, 05 Juli 2010. Pengambilan data survey paska kampanye pride di Taman Nasional Ujung Kulon berbeda dengan survey pra kampanye, saat ini pengambilan data survey paska menggunakan enumerator dari teman-teman volunteer KSM Sahabat Ujung Kulon, KSM Kanopi dan Siswa-siswi SMUN 16 Pandeglang yang baru lulus. Untuk menjadikan mereka sebagai enumerator memerlukan pertimbangan waktu yang agak lama untuk memutuskannya, maklum saja mereka rata-rata belum pernah menjadi enumerator sehingga sempat muncul kebimbangan kami dalam menentukan sikap, apakah mereka kita pilih atau seperti tahun kemaren dengan menggunakan mahasiswa?

Mau gak mau kami harus memutuskan dengan cepat, akhirnya kami memilih teman-teman dari KSM dan SMUN 16 Pandeglang untuk menjadi enumerator, untuk menghilangkan kecemasan dan meningkatkan kepercayaan terhadap mereka, kami memfokuskan pada upaya pembelajaran sebagai enumerator 1 hari sebelum pelaksanaan survey. Memakan waktu cukup lama untuk proses pembelajaran ini, pengulangan setiap pertanyaan-pertanyaan dalam kuisioner menjadi prioritas kami agar mereka paam dan tahu apa pertanyaannya dan bagaimana cara menyampaikannya kepada responden. Belajar bertanya dengan sesama saling berpasangan juga kami lakukan, agar mereka merasakan apa yang masih menjadi kendala mereka. Semua ini kami lakukan, sebagai upaya untuk memperkecil bias, sehingga hasil yang didapat paling tidak mencerminkan kondisi yang sebenarnya.

Tidak berhenti sampai disitu, pada saat pelaksanaan survey kami selalu memantau melalui telepon HP dan bertemu langsung kepada enumerator, untuk memastikan bahwa mereka tidak menemui kendala di lapangan, kuisioner yang telah selesai pun kami cek satu-satu agar tidak ada kesalahan.

Sekelumit cerita, dari eksemplar terakhir kuisioner di UK.

 

Salam

 

Indra Harwanto

 

 

 

Comments (4)

Yang penting para volunteer yang dipilih menjadi enumerator bersedia melakukan tugasnya dengan kesadaran dan motivasi yang baik bukan dengan niat untuk mendapatkan imbalan materi. Oya, ngomong-ngomong mereka diberi insentif nggak ya?

Selamat Ndra..., dah menyelesaikan setiap tahap Pride...tapi ingat...itu bukan akhir dari perjuangan kita...justru setelah itu, perjuangan yang sesungguhnya akan segera dimulai...

Selamat Ndra..., dah menyelesaikan setiap tahap Pride...tapi ingat...itu bukan akhir dari perjuangan kita...justru setelah itu, perjuangan yang sesungguhnya akan segera dimulai...

Selamat buat remaja-remaja pencinta TNUK yaaa! Semoga segala kerja keras dan dedikasi mampu memberi arti dan pembelajaran yang penting untuk semua nya! Tetap semangat! Sari

Translate Content:

similar campaigns

  • Asia
  • Mammal