RarePlanet.org, as you know it, will retire in spring, 2014. Please visit www.rare.org for new and improved content and subscribe to the e-newsletter for continued Rare stories and updates. Thanks for your contributions. We look forward to hearing from you on Rare.org!

Bogor 4 - B10NC

Blog

RUANG KELAS KU B10NC

Ruang kelas tempat kami menempa ilmu sangat nyaman situasinya. Kenyamanan inilah yang melenyapkan rasa bosan kami untuk belajar dan meningkatkan semangat kami untuk terus menempa ilmu yang mengambil fokus tentang konsep Teori Perubahan.

Disetiap sesi pelajaran selalu saja muncul cerita-cerita lucu sebagai   sarapan dan snack bagi  kami, para “pendekar” konservasi, yang menurut program RARE dibaptis menjadi “Campaign Manager.” Cerita-cerita lucu ini selalu menghiasi aktivitas harian kami, baik sebelum, selama dan sesudah penyajian materi oleh para PPM (Pride Program Manager) yang senantiasa menghadapi dan membimbing kami  laksana pelatih kesebelasan sepakbola yang baru-baru ini berkompetisi di Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Meski demikian, cerita-cerita lucu tersebut kadang tidak mampu menaikkan grafik semangat belajar kami untuk menerap materi-materi yang sangat bermanfaat. Semangat yang sebelumnya menyala-nyala ibarat lampu sorot yang menerangi lapangan sepakbola itu tiba-tiba merosot laksana kedipan lampu ruang karaoke yang hanya berkekuatan 1 watt.

 Merosotnya semangat bukan karena tidak bermanfaatnya isi materi ataupun karena metode penyajian. Tapi barangkali, ini menurut pendapat saya – bukan menurut hasil survey kuantitatif dengan menggunakan perangkat lunak Survei Pro yang telah di “Scaled Entry” atau di “Filter” – karena saraf-saraf otak kami yang mulai kelelahan untuk menangkap, meringkas dan menyerap teori-teori yang disajikan. Maklum, sebagian besar dari kami di 2 minggu terakhir ini lebih banyak menghabiskan waktu untuk menghitung hari, agar cepat-cepat kembali bergabung dengan istri dan anak. Maaf, saya hanya menyebut istri dan anak, karena jumlah kami yang 10 orang, 7 orang adalah kaum adam dan sudah punya istri meski salah satunya belum punya anak.  3 orang teman perempuan, hanya 1 orang yang sudah menikah dan baru melahirkan anak pertamanya. Sebelum melahirkan ia selalu diantar jemput oleh suaminya. Selain itu, faktor usia ikut mengambil peran. Jadi hukum dari alam yang ingin kami konservasikan ternyata tak mampu kami lawan.

Penyampaian materi yang kami terima bukan hanya dari  PPM kami,  tetapi ada juga dari para Dosen dari FAHUTAN dan para pakar dari kalangan lembaga mitra RARE  yang dapat membantu kami mengasa pendidikan di Kampus IPB.

Banyak suka, duka, canda dan tawa selalu menyapa kami setiap kami menerima materi. Kami yang mengikuti proses belajar ini dari berbagai daerah  di Indonesia sampai ke Timor Leste dengan karakter  yang berbeda , ada yang lucu,ada pula yang serius dan ada pula yang santai itulah kami.  

Namun dari berbagai latar belakang  kami yang berbeda , kami datang dengan satu tujuan tetapi juga harapan bahwa suatu saat nanti kami harus bisa menjadi manusia yang menjadi pionir dalam penyelamatan alam  ini.

Ruang kuliah yang begitu nyaman dengan fasilitas layanan internet 24 jam membuat kami kadang belajar  menyimak setiap menit  materi yang disampaikan oleh para PPM  kami, tetapi juga terkadang kami mencuri kesempatan untuk berfacebook ria, berblog ria dan bercanda ria. Itulah kami, tim Cohort kampanye RARE yang menamakan diri B10NC dengan semboyan “be on the sea, beyond the challenges”.

 WC yang berdekatan dengan ruang kuliah kami, sesekali mengajak kami selalu harus berlangganan ibarat tamu harap melapor diri. Dispenser yang terpasang di samping pintu masuk selalu membuat kami nyaman dengan aneka minumam panas maupun dingin dari berbagai merk dan cita rasa yang berbeda, namun tetap saja ada kue yang selalu tersedia diatas meja.

 Sticky wall yang terpasang  di dinding dan aneka tulisan yang terpampang melintang membuat kami selalu memahai bahwa kami sedang dalam proses belajar. Kantin yang tak jauh dari ruang kuliah , sesekali menawarkan kami harus makan dikala jam kecil tiba.

Meja dan kursi yang selalu ditata  sesuai dengan  proseses belajar sungguh membuat kami begitu nyaman. Adegan film yang menceritakan pengalaman kampaye RARE sesekali membuat kami seakan berada dalam situasi film yang diputarkan.

Diskusi yang sesekali di dalam maupun dikedai kopi seakan memberi sinyal bahwa ini lah proses belajar yang unik , yang baru kami ketemu saat kuliah di kampus IPB. Waktu terasa berjalan seiring dengan putaran jarum jam membuat kami menghitung hari laksana mimpi di siang bolong, rasa ingin pulang membuat kami terkadang fokus, tetapi juga  tidak focus, hal ini kami selalu katakana Baasap…, begini-begini yang sa tidak mau dan  itulah kami.

Terkadang kami mendengar  kata nangka, mangga , tidak sambung yang  semuanya berujung pada kata dibantu ya…? maka  itulah kami.  B10NC yang  datang degan satu mimpi dan pulang dengan  1001 mimpi itulah kami.

 


Comments (7)

bagus om valend.. lanjutgan!!

perasaan yang nano-nano (merek permen thn 90-an :D) dan gado-gado memang selalu mantabbb .... :)

Ya begitulah indahnya berpetualang sampai ke Gunung Salak, lalu mendapatkan kata-kata.....

mantabbb kak valend... :) lanjutkan, bro!!

Postingan yang komprehensif, sedih, senang, cinta, benci, ngantuk, seger, lesu, semangat,...penuh sekali dengan warna. What a wonderful life !

wah belom belom Om Valend sudah kangen nih :)

Setiap hari yang kita lalui akan menjadi kenangan indah...akan butuh ribuan lembar kertas untuk melukiskannya...kesamaan tekad kita yang menyatukan kita semua.

Translate Content:



group members

brett in tapir.jpg
sunflower.jpg